Monday 10 August 2015

Budaya Dunia Maya

        Pada zaman sekarang teknologi sedang canggih-canggihnya , kita sebagai manusia juga pasti memanfaatkan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu teknologi yang sering kita gunakan adalah Internet. Bahkan , ada beberapa orang yang tidak terbiasa jika sehari saja tidak menggunakan internet. Internet biasanya digunakan orang untuk mencari informasi terkini terkait sesuatu atau berinteraksi dengan orang lain yang jaraknya jauh. Ketika seseorang sudah berinteraksi dengan orang lainnya di internet maka ia sudah memasuki dunia maya.
  Apa itu dunia maya? Apa bedanya dengan dunia nyata? Bagaimana budayanya? Dunia maya sendiri adalah salah satu media (dalam hal ini internet) yang digunakan untuk komunikasi antara dua pihak. Dunia maya sendiri sebenarnya tidak berbeda jauh dengan dunia nyata ketika kita berinteraksi dengan orang lain. Hanya, jangkauan dalam dunia maya lebih luas daripada dunia nyata sesuai dengan slogannya yakni “Mendekatkan yang jauh”. Kita bisa berinteraksi dengan orang yang tidak kita kenal bahkan selebriti sekalipun dengan hanya melakukan “olahraga jari”. Dunia maya juga memberikan kita kebebasan untuk berekspresi. Namun , kebebasan tersebut harus digunakan secara bijak dan bisa dipertanggung jawabkan agar tidak merugikan siapapun.
   Sayangnya , masih banyak orang yang tidak menggunakan kebebasannya dengan baik di dunia maya terutama di media sosial. Banyak orang yang menggunakan media sosial untuk hal-hal negatif seperti memposting sesuatu yang berbau pornografi , memposting kata-kata kasar , SARA , penipuan , sampai menghasut seseorang untuk mengikuti aliran tertentu.
     Dampak negatif dari perilaku ini ada beberapa macam seperti hukuman sosial seperti dikucilkan , rusaknya hubungan di dunia nyata , sampai terancam hukuman pidana. Oleh karena itu kita harus bijak dalam berperilaku di dunia maya.


No comments:

Post a Comment